7 Web Browser Ringan Terbaik Untuk Linux 2022

Pengguna desktop tidak bisa tidak setuju bahwa browser modern agak banyak sumber daya sehingga membuat PC atau laptop Anda menjadi lemot atau lelet. Pertemuan berbagai teknologi dan jenis file menyebabkan browser menggunakan sumber daya sistem yang ekstensif, sehingga merusak pengalaman web Anda.

Tetapi bagaimana jika Anda memiliki daftar browser yang tidak hanya menawarkan kinerja kaya fitur pada sistem Linux tetapi juga memiliki persyaratan yang sangat ringan?

Jika Anda berusaha untuk menjaga browser Anda tetap bertahan, dan dengan senang hati akan beralih ke versi browser yang lebih ringan, maka inilah daftar browser web ringan terbaik untuk Linux.

1. Pale Moon Browser (Download)

Pale Moon adalah browser gratis untuk sistem Linux 32-bit dan 64-bit. Browser dimodelkan pada kode sumber Mozilla Firefox yang telah teruji pertempuran dan Unified XUL Platform (UXP). Ini menawarkan dukungan tanpa akhir untuk standar web konvensional, untuk memudahkan kesengsaraan browser bagi pengguna akhir.

Anda akan menemukan dukungan untuk HTML, CSS3, SVG, Canvas, dan WebGL di Pale Moon, bersama dengan beberapa ekstensi Firefox yang umum. Anda dapat membawa ekstensi, tema, persona, dan plugin favorit Anda (seperti Silverlight, Flash, dan Java) tanpa mengorbankan kecepatan, kinerja memori, dan waktu.

Pale Moon kompatibel dengan tanaman prosesor saat ini. Tata letak Goanna sumber terbuka dan mesin renderingnya mengoptimalkan grafik dan gradien warna dengan lancar. Hasilnya, Anda mendapatkan pemuatan halaman yang cepat dan jadwal pemrosesan skrip.

Peramban menukar pengaturan telemetri demi privasi pengguna tetapi menebusnya dengan iklan yang sadar privasi dan intoleransi spyware yang ketat. Ada juga beberapa ekstensi eksklusif Pale Moon untuk berinovasi lebih jauh dalam pengalaman web Anda.

2. Midori (Download)

Midori adalah browser berbasis mesin GTK dan Web3 yang dibuat khusus untuk sistem Linux. Ditulis dalam C dan Vala, browser memberi Anda antarmuka yang rapi dan ramah pengguna. Browser yang mendukung HTML5 ini menawarkan fitur privasi-sentris untuk pengalaman menjelajah yang aman dan bebas iklan.

Midori dikirimkan dengan pemeriksa ejaan built-in dan memproses halaman multimedia dengan cepat, yang cukup berguna saat Anda menjelajahi media sosial. Ini peduli dengan privasi data Anda dan tidak pernah mendokumentasikan atau menyimpan data pengguna.

Midori adalah bagian dari repositori perangkat lunak distro berbasis XFCE (OS dasar, Bodhi Linux, dll.). Peramban sumber terbuka ini menawarkan pembaruan yang sering, sehingga membantunya tetap stabil. Versi terbaru membantu penjelajahan internet dengan penanganan kesalahan yang lebih baik daripada pendahulunya.

3. Otter Browser (Download)

Otter adalah browser open-source yang memberikan pengalaman browsing secepat kilat dengan konsumsi memori yang relatif rendah, terutama ketika diadu dengan browser populer lainnya seperti Firefox dan Google Chrome. Otter menjalankan Qt WebEngine di bawah kap, memungkinkannya memberikan lebih banyak dengan sumber daya yang lebih sedikit.

Sebagai browser yang ringan, Otter dengan lancar memungkinkan Anda untuk menggunakan internet seperti yang Anda inginkan—dengan bookmark, RSS feed, catatan tempel, manajemen cookie, dan perpustakaan unduhan pribadi Anda hanya dengan satu tombol. Peramban memiliki fitur pemblokiran konten yang membantu Anda memfilter konten yang aman untuk pengguna yang lebih muda.

Otter akan melayani Anda dengan waktu mulai dan pemuatan halaman yang cepat, bahkan pada halaman yang sarat multimedia. Dengan tata letaknya yang mengesankan, Anda dapat dengan cepat menavigasi web dengan Otter, yang sangat mengingatkan pada Opera.

Browser menawarkan dukungan lintas platform dan sangat stabil di berbagai OS, dan dibangun di luar desktop Linux pokok Anda.

4. Netsurf (Download)


Netsurf adalah standar, compliant, browser multi-platform, yang melayani pengguna Unix, Linux, Mac, dan Windows. Antarmukanya yang ramah pengguna dapat disesuaikan, memungkinkan Anda menyesuaikan penggunaan dan aktivitas internet Anda dengan lebih baik.

Antarmuka pengguna Netsurf didasarkan pada tata letak, yang masing-masing terinspirasi oleh perangkat lunak OS RISC. Browser bermaksud untuk melayani kebutuhan internet khusus desktop. Ini tercermin dalam tampilan struktur pohon yang meringkas dengan rapi riwayat penjelajahan Anda—fitur yang tidak umum di browser kontemporer.

Netsurf memberi Anda kecepatan menjelajah internet terbaik, terutama di Linux. Ini memberikan pengalaman menjelajah yang stabil, aman, dan lancar dengan kecepatan luar biasa, yang diharapkan pada layanan jaringan yang andal.

Peramban ini sangat responsif karena persyaratan perangkat kerasnya yang rendah. Kelenturan kode sumber Netsurf memungkinkan pengembang dan komunitas dukungan khusus untuk memperluas kompatibilitas dengan pembuatan platform baru dengan setiap rilis.

5. Vivaldi (Download)

Anda tidak akan menemukan browser yang banyak akal dan layak seperti Vivaldi untuk sistem Linux Anda. Vivaldi menyambut Anda dengan fungsi email, kalender, pemblokir iklan, dan terjemahan bawaan; Anda biasanya harus mengambil setiap fitur ini dari toko ekstensi di browser lain.

Memori rendah Vivaldi dan konsumsi sumber daya yang minimal menjadikannya browser yang ideal untuk pengguna Linux yang paham internet. Performanya sangat baik, bahkan ketika Anda secara bersamaan menuangkan banyak halaman kaya multimedia.

Peramban langsung menarik perhatian Anda dengan antarmuka yang berfokus pada produktivitas. Antrean tab ganda digulung untuk membuka halaman web untuk aksesibilitas yang mudah. Penggunaan memori yang efisien memastikan pengguna dapat melakukan semua ini secara responsif, tanpa menimbulkan crash browser.

6. Opera (Download)

Setelah menikmati masa kejayaannya di antara para pelanggan Windows, Opera kini memperluas layanan penjelajahannya yang sangat dapat diperluas, stabil, dan aman ke Linux. Gunakan browser sumber tertutup yang populer, lengkap dengan ekstensi dan pustaka plugin yang sama yang biasanya tersedia di platform non-Linux.

Dukungan RSS dan IRC terintegrasi Opera bukanlah rahasia lagi. Tahukah Anda browser berfungsi ganda sebagai klien torrent dan email Anda? Toko Opera memiliki pengaya lain (pemblokir malware, VPN, radio internet, dll.) yang memungkinkan Anda mengubah browser menjadi hub pusat untuk setiap jenis aktivitas web.

Fitur sinkronisasi praktis Opera memungkinkan Anda untuk menyatukan aktivitas penjelajahan Anda di semua platform dengan kredensial Anda. Selain itu, browser telah menyediakan plugin Pepper API Flash untuk membantu memperlancar penjelajahan Anda.

7. GNOME Web (Download)

GNOME Web adalah browser yang dibuat untuk eksekusi asli pada desktop GNOME, meskipun Anda dapat menggunakannya dengan baik di desktop Linux lainnya. Peramban secara unik menangani keamanan web dengan menghapus konsep memasukkan URL secara manual dengan cepat.

Anda perlu membuat aplikasi web dan kemudian meluncurkannya untuk mengunjungi halaman tertentu. Ini menciptakan lingkungan bergaya kotak pasir, sehingga mencegah riwayat penelusuran web dan arsip aktivitas sistem Anda menjadi rusak.

GNOME Web menawarkan UI artikulasi yang memberi Anda setiap alat yang memungkinkan untuk navigasi tanpa memadati area pandang browser. Ini lebih progresif daripada pesaingnya, mengingat pemeliharaan sesi multi-akun untuk aplikasi web.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel