5 Pemain NBA Tertinggi Sepanjang Sejarah

 

https://www.afyinfo.com/

Pemain yang memiliki ukuran badan lebih tinggi memiliki keuntungan dalam permainan bola basket karena tembakan mereka memiliki jarak dunk yang lebih kecil, lebih dekat untuk rebound, dan memiliki peluang lebih baik untuk memblokir tembakan dari lawannya.

Berapa Tinggi Rata-Rata di NBA?

Dalam survei pemain bola basket dari tahun 2007 hingga saat ini , rata-rata pemain dalam sepatu adalah 6 kaki 7 in (2,01 m) di National Basketball Association (NBA). Tinggi rata-rata untuk shooting guard adalah 6'5″, small forward 6'7″, power forward pada 6'9″, dan center pada 6'11”.

Namun dalam beberapa tahun terakhir terdapat pemain yang tingginya melebihi dari data diatas. Nah dalam pembahasan kali ini AfyInfo akan membahas mengenai pemain basket tertinngi yang pernah tercatat dalam sejarah NBA.

5 Pemain Basket Tertinggi Sepanjang Sejarah NBA :

1. Manute Bol

afyinfo.com

  • Tinggi : (2,31 m)
  • Berat : (91 kg)

Manute Bol adalah pemain Amerika kelahiran Sudan. Seperti namanya, Manute berarti 'berkah khusus', dan dia dinamai oleh ayahnya. Orang tuanya tinggi, dan karena ini, Manute juga lahir dengan tinggi fisik yang luar biasa. Dia pertama kali mulai bermain sepak bola, tetapi dia sangat tinggi, jadi dia meninggalkan permainan dan berkonsentrasi pada bola basket di Sudan.

Pelatih Feeley melakukan perjalanan dari New Jersey ke Sudan untuk menyediakan fasilitas medis bagi tim Sudan. Feeley menyarankan Manute pergi ke Amerika Serikat untuk bermain basket. Setelah itu, ia mendarat di Cleveland, tetapi karena akta kelahirannya yang salah dan kemampuan bahasa Inggrisnya yang buruk, Manute ditempatkan dalam masa percobaan.

Dia meningkatkan keterampilannya dengan bergabung dengan institut, dan akhirnya, dengan bantuan pengaruh Feeley, Manute memulai karirnya di NBA dan memenangkan trofi untuk tim.Pada tahun 1987, peluru disusun setinggi 5 kaki 3 di Muggsy Bogues (1,60 m) bersama dengan bol, memasangkan untuk satu musim pemain liga tertinggi dan terpendek di lapangan.

Dia bermain untuk prajurit negara emas dua kali, Rhode Island Gulls, Philadelphia 76ers, Miami Heat, dan Washington Bullets dan pernah diperdagangkan ke Denver Nuggets. Bol diberi hadiah Manute Bol bobblehead pada 27 Januari 2015 oleh Golden State Warriors.Saat ini, putranya, Bol Bol, juga merupakan pemain bola basket yang sedang naik daun. Dalam satu pertandingan Jayhawk, Jayhawk Invitational, Bol bermain untuk tim U-15 Amateur Athletic Union (AAU) KC Run GMC.

2. Gheorghe Mureșan

afyinfo.com

  • Tinggi : (2,31 m)
  • Berat : (143 kg)

Dengan tinggi 7 kaki 7 inci, Gheorghe Mureșan adalah pemain bola basket tertinggi yang pernah bermain. Saat ini sudah pensiun dan berasal dari Rumania karena orang tuanya memiliki tinggi rata-rata, tetapi ia tumbuh menjadi sangat tinggi karena gangguan kelenjar pituitari. Muresan sangat tertarik dengan bola basket dan memainkan beberapa pertandingan kompetitif di mana ia memenangkan kejuaraan nasional.

Dia juga memenangkan piala Liga Prancis pada tahun 1993, dan pada tahun yang sama, Muresan telah dipilih untuk NBA.Dia memainkan banyak pertandingan di NBA karena karirnya yang menjanjikan dimulai dari 1993 hingga 2000, dan musim terbaiknya adalah selama 1996, di mana Muresan mencapai 14,5 poin per game.Dan di musim yang sama, ia dinobatkan sebagai pemain NBA yang paling berkembang.

Sepanjang karirnya, Muresan membuat 6,4 rebound, 1,48 blok per game, 9,8 poin, 0,5 assist, dan persentase field goal 0,573.Setelah mengakhiri karir NBA, ia kembali memenangkan Liga Prancis di Pau-Orthez sebelum kembali ke keluarganya di Amerika Serikat.

Relatif nyaman baginya untuk memblokir tembakan karena tubuhnya yang tinggi. Gheorghe dikenang karena penampilannya musim 1995-96 dan memiliki rata-rata 14,5 poin, 9,6 rebound, dan 2,26 blok per game.Representasi berlebihan dari atlet bola basket besar menetapkan teori bahwa olahraga menawarkan keuntungan yang sangat signifikan menjadi tinggi. Representasi ini berlaku untuk pemain WNBA juga.

3. Slavko Vraneš

afyinfo.com

  • Tinggi : (2,29 m)
  • Berat : (137 kg)

Lahir pada tahun 1983, Slavko Vraneš adalah mantan pemain bola basket yang bermain untuk tim Ayandez Sazan Tehran dan merupakan salah satu pemain NBA tertinggi dalam sejarah. Slavko sangat berbakat, dan pada usia dini, ia bermain bola basket di klub Serbia. Karena kemampuannya yang luar biasa, klub Turki mengundangnya untuk bermain di liga basket selama musim 2000-01.

Segera setelah mendapatkan perhatian NBA, pertandingan pertamanya adalah pada 8 Januari 2004, untuk Knicks, melawan Minnesota Timberwolves. Slavko terpilih untuk NBA di babak kedua selama tahun 2003. Namun karena suatu alasan, dia keluar dari tim Knicks, dan kemudian, dia menandatangani kontrak selama sepuluh hari dengan Trail Blazers.

Dia hanya bermain satu pertandingan selama kontrak NBA musim 2004. Setelah itu, Slavko mendaftar untuk FK Crvena Zvezda, dan kemudian, dia pindah untuk bermain dengan tim Budućnost Podgorica selama tiga tahun. Menjadi salah satu pemain tertinggi NBA, ia mulai menandatangani kontrak untuk berbagai tim dan memenangkan banyak trofi tim.

4. Yao Ming

afyinfo.com

  • Tinggi : (2,29 m)
  • Berat : (141 kg)

Yao Ming adalah pemain bola basket China non-AS pertama dalam sejarah yang bermain untuk National Basketball Association. Komisaris NBA, David, menyatakan Ming sebagai pemain berbakat dan berdedikasi. Keluarganya terlibat dalam bermain bola basket untuk tim nasional, tetapi Ming tidak tertarik menjadi pemain bola basket karena ia sepenuhnya terlibat dalam membaca sejarah.

Pada usia sembilan tahun, tingginya lima kaki, dan pejabat olahraga setempat menyarankan atlet muda itu bergabung dengan olahraga dan bermain bola basket untuk negara. Dan pada tahun 2002, ia memutuskan untuk bermain untuk NBA dan merupakan pemain pertama yang terpilih untuk Amerika Serikat tanpa bermain basket perguruan tinggi.

Ming juga berpartisipasi dalam Kejuaraan Dunia FIBA ​​di China. Dia mulai bermain di NBA, memecahkan rekor Michael Jordan, dan juga dinominasikan untuk Naismith Memorial Basketball Hall of Fame. Pada tahun 2011, Ming pensiun dari bola basket karena cedera parah. Yao memiliki rata-rata 19 poin untuk karirnya, sembilan rebound, dan hampir dua blok per game.

5. Shawn Bradley

afyinfo.com

  • Tinggi : (2,29 m)
  • Berat : (125 kg)

Shawn Bradley adalah pensiunan pemain bola basket Jerman-Amerika yang bermain untuk New Jersey Nets, Philadelphia 76ers, dan Dallas Mavericks di NBA. Shawn adalah salah satu pemain NBA tertinggi pertama sepanjang masa, dan selama masa kecilnya, teman-temannya memanggilnya 'Mormon yang luar biasa' karena tingginya yang luar biasa.

Dia sangat terkenal selama hari-hari sekolah dan juga pemain pertama yang terdaftar di antara pemain NBA tinggi. Karena itu, ia telah memenangkan banyak pertandingan bola basket dan juga memenangkan penghargaan MVP saat itu.

Selama karir kuliahnya di Universitas Brigham Young di Utah, dia memainkan banyak turnamen, memenangkan piala untuk tim, dan Shawn dinobatkan sebagai Mahasiswa Baru Tahun Ini. Bradley memulai karir profesionalnya dengan bergabung dengan NBA, di mana ia bermain untuk banyak tim dengan nomor Jersey 76, yang diberikan oleh Philadelphia 76ers.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel