Perbedaan Antara PS5 Reguler dan PS5 Digital Edition

https://www.afyinfo.com/

Tidak yakin konsol generasi berikutnya dari Sony yang cocok untuk Anda? Kami akan membantu Anda memutuskan antara PS5 dan PS5 Digital Edition.

Sony telah mengumumkan PlayStation 5 dan Anda menginginkannya. Namun, PS5 hadir dalam dua model: Edisi Konsol standar dan Edisi Digital. Mana yang cocok untuk Anda?

Artikel ini akan menyajikan perbandingan unit-unit ini secara berdampingan termasuk spesifikasi masing-masing, kemampuan yang diantisipasi, dan berapa harga kedua konsol PS5 tersebut.

Pengetahuan Tentang PS5?

Gamer telah merenungkan rilis PlayStation 5 sejak peluncuran PlayStation 4. Kami hanya tahu pasti bahwa akan ada PS5 sejak Oktober 2018, dengan rilis informasi bertahap dari Sony sejak saat itu.

Sony akhirnya meluncurkan PS5 dalam streaming langsung dan siaran pers berikutnya pada 11 Juni 2020. Video tersebut menampilkan PS5 standar, serta Edisi Digital dan aksesori yang lebih ramping. Lebih lanjut tentang konsol dan aksesori termasuk harga secara resmi diumumkan pada September 2020.

Sony juga mengatakan bahwa PS5 akan kompatibel dengan game PS4 tetapi belum merilis banyak detail. Karena beberapa judul PS4 ditagih untuk rilis ulang di konsol baru, itu dapat berpengaruh pada apakah salinan game yang ada saat ini kompatibel dengan PS5. Ini juga bisa berarti bahwa tidak akan ada cara untuk memindahkan game PS4 dari disk ke PS5 Digital Edition.

Apa Dua Model PlayStation 5?

PS5 akan keluar dalam Edisi Konsol standar $ 500 dan semua Edisi Digital $ 400 tanpa disk drive. Kedua model tersebut memiliki spesifikasi hardware yang sama, yakni CPU Ryzen 8 core, GPU AMD Radeon, memori sistem 16 GB, dan SSD 825 GB. Keduanya juga memiliki tiga Port USB Type-A, dan satu Port USB Type-C.

Serangkaian aksesori termasuk pengontrol nirkabel dan stasiun pengisian DualSense, remote media, headset Nirkabel PULSE 3D, dan kamera HD 1080p ganda juga akan kompatibel dengan kedua edisi.

Kelebihan Edisi PS5 Standar

Edisi Konsol standar mencakup drive optik yang mampu memainkan game PS5, dan game PS4 yang kompatibel dengan versi sebelumnya (dan ada banyak game PS4 hebat yang layak dimainkan). Anda juga dapat menjalankan DVD dan Ultra HD Blu-ray. Konsol itu sendiri beratnya hanya di bawah 10 pon. Saat diletakkan, ukurannya 15 x 4 x 10 inci.

Menurut Sony, pilihan judul PS5 yang sangat dinantikan akan diluncurkan pada salinan fisik yang kompatibel dengan PS4. Mereka kemudian juga akan bekerja di konsol baru. Ini adalah "untuk mendukung komunitas PlayStation 4 saat mereka bertransisi ke generasi berikutnya saat mereka siap."

Kelebihan PS5 Digital Edition 

Kecuali hal-hal yang disebutkan di atas, sebenarnya tidak banyak perbedaan antara kedua versi konsol tersebut. Seperti yang disebutkan, Edisi Digital tidak memiliki lebih banyak penyimpanan atau prosesor yang lebih cepat atau lebih banyak opsi input daripada Edisi Konsol standar.

Edisi Digital memiliki lebar dan kedalaman yang sama dengan Edisi Konsol standar tetapi sedikit lebih ringan (dengan berat 8,5 pon), dan sedikit lebih ramping (dengan tinggi 3,6 inci saat diletakkan rata). Ini juga membutuhkan daya 10 Watt lebih sedikit.

Game PS5 yang bisa Anda beli di PS4 sebagai salinan digital, dan kemudian ditingkatkan ke versi PS5 secara gratis saat Anda mendapatkan konsol, juga akan tersedia.

Perbedaan Antara PS5 Dan PS5 Digital Edition

Tidak adanya disk drive pada Edisi Digital layak untuk ditinjau kembali karena beberapa alasan. Ini mungkin berdampak pada cara Anda menonton media dan bermain game, serta menentukan edisi konsol mana yang tepat untuk Anda.

Menggunakan Drive Disk Sebagai Pemutar Blu-Ray

Selain game fisik, drive disk pada PS5 Console Edition akan berfungsi ganda sebagai Pemutar Blu-ray Ultra HD. Bahkan jika Anda hanya pernah memainkan salinan game digital, memiliki pemutar Blu-ray yang terpasang di konsol game Anda dengan tambahan $ 100 memiliki beberapa keuntungan.

Tentu, itu berarti berkurangnya satu perangkat keras di rak. Namun, membeli PS5 Console Edition lebih murah daripada membeli Edisi Digital dan pemutar Blu-ray terpisah. Pemutar Blu-ray Ultra HD Sony mulai dari $ 200. Sementara PS5 Console Edition hanya lebih mahal $ 100 dari Digital Edition.

Bagaimana Kurangnya Drive Disk Mempengaruhi Game?

Beberapa gamer telah beralih ke game digital karena game digital tidak menghabiskan ruang fisik. Namun, beberapa gamer masih lebih suka game hard copy. Game dalam disk menghabiskan lebih sedikit ruang digital dan dipandang sebagai barang kolektor oleh beberapa orang.

Manfaat lain dari permainan fisik berkaitan dengan nilai jualnya kembali. Membeli game, memainkannya, dan menjualnya kembali tidak akan mungkin dengan PS5 khusus digital. Lebih lanjut, seperti yang disebutkan di atas, kami tidak sepenuhnya memahami bagaimana kompatibilitas mundur akan bekerja pada PS5, tetapi mungkin memerlukan disk PS4 fisik dan kapasitas untuk membacanya di PS5.

Manfaat permainan fisik juga dapat dipengaruhi oleh banyaknya permainan berbeda yang kemungkinan besar Anda mainkan dalam kerangka waktu tertentu. Informasi presale pada game PS5 merekomendasikan penyimpanan minimum yang tersedia antara 26GB dan 66GB per game.

Rata-rata 43.5GB / game pada memori standar PS5 menghasilkan 19 game menengah tanpa DLC sebelum pemilik Edisi Digital harus berinvestasi di memori eksternal. Jika Anda seorang gamer yang menyukai game yang lebih besar dan banyak DLC, angka itu bisa turun dengan cepat.

Jika Anda menantikan latensi rendah pada game yang sebagian besar online seperti Fortnite dan Fall Guys, Anda mungkin dalam kondisi yang baik dengan Edisi Digital. Jika Anda tidak sabar menunggu waktu pemuatan yang cepat dan visual yang imersif di game AAA seperti game Assassin's Creed atau Elder Scrolls berikutnya, Anda mungkin ingin memikirkan tentang Edisi Konsol standar.

Akun Jaringan PlayStation Dan Persyaratan PlayStation Plus

Tanpa drive disk, semua game (serta media lain termasuk musik, film, dan televisi) yang dibeli untuk PS5 Digital Edition harus dibeli dalam bentuk digital, jadi akun Jaringan PlayStation adalah perbedaan antara memiliki konsol dan penindih kertas.

Tentu saja, akun PlayStation Network dan PlayStation Plus masih diperlukan untuk Edisi Konsol standar PS5 jika Anda ingin melakukan hal-hal seperti bermain game online. PlayStation Plus juga menyertakan game digital gratis setiap bulan.

Model PS5 Mana Yang Tepat Untuk Anda?

Jika Anda terutama memainkan salinan fisik game dan menonton banyak Blu-ray di PS4 Anda, membayar ekstra $ 100 untuk PS5 standar akan memungkinkan Anda untuk terus memainkan judul-judul itu dan menonton film di media fisik.

Jika Anda terutama menggunakan PS4 untuk streaming film, televisi, musik, dan terutama memainkan salinan digital gim, maka PS5 Digital Edition akan memberi Anda lebih banyak dari apa yang Anda inginkan. Dan itu akan menghemat uang Anda juga.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel