Perbedaan Antara PS4 dan PS5 Dalam Segi Spesifikasi (Digital Edition)

https://www.afyinfo.com/

Jika Anda memiliki PS4, apakah layak untuk ditingkatkan ke PlayStation 5 sekarang? Kami akan membantu Anda memutuskan.

Jika Anda memiliki PlayStation 4, Anda mungkin bertanya-tanya apakah layak untuk segera meningkatkan ke PlayStation 5. Karena PS4 tujuh tahun lebih tua dari PS5, ada lompatan besar dalam kekuatan saat Anda beralih ke konsol baru.

Mari kita lihat bagaimana PS5 dibandingkan dengan PS4 di beberapa area untuk membantu Anda memutuskan apakah peningkatan cocok untuk Anda.

Pertimbangkan Biaya Upgrade Pertama

Pertimbangan terpenting saat melompat ke PS5 adalah biayanya. Sony menawarkan PlayStation 5 dalam dua versi: PS5 standar dan PS5 Digital Edition. Satu-satunya perbedaan antara ini adalah Edisi Digital tidak memiliki drive disk, jadi Anda tidak dapat memainkan permainan fisik atau menonton film dalam disk.

Saat peluncuran, PS5 standar berharga $ 500, sedangkan Edisi Digital adalah $ 400. Harga itu memberi Anda konsol, satu pengontrol DualSense, dan paket game Astro's Playroom. Segala sesuatu yang lain dijual terpisah.

Jika harga tidak membuat Anda marah, mari kita lihat beberapa aspek spesifik PS4 dan PS5 untuk membantu Anda membuat keputusan.

Seberapa Kuatkah PS5?

Dalam hal kinerja, penting model PS4 yang Anda miliki. Model asli PS4 dan desain ulangnya yang ramping hampir identik, selain ukurannya. Keduanya memainkan game dengan maksimal 1080p dan 60FPS.

PS4 Pro, yang diluncurkan pada tahun 2016, adalah versi PS4 standar yang lebih kuat. Ini mampu memainkan game dalam 4K (terkadang juga pada 60FPS) dan memiliki beberapa memori tambahan untuk membuat peralihan antar aplikasi lebih lancar.

Sementara itu, PlayStation 5 menampilkan beberapa peningkatan serius pada kedua konsol. Ini memiliki SSD khusus yang memuat game jauh lebih cepat daripada HDD model PS4. PS5 memainkan game dalam 4K dan mampu menampilkan hingga 120 frame per detik, meskipun Anda memerlukan TV atau monitor yang kompatibel untuk memanfaatkannya.

Dan sementara Sony menyatakan bahwa sistem dapat mengeluarkan game dalam 8K, ini tidak tersedia saat peluncuran dan akan membutuhkan tampilan yang sangat mahal bagi kebanyakan orang saat ini.

PS5 juga mendukung penelusuran sinar, yang merupakan fitur yang membuat cahaya menjadi lebih realistis. Jadi di bidang perangkat keras, peningkatan ke PS5 memberi Anda dukungan 4K penuh, SSD cepat, efek grafis superior, dan potensi kecepatan bingkai dan resolusi yang lebih tinggi di masa mendatang.

Anda akan melihat perbedaan ini lebih banyak jika Anda memiliki model PS4 asli (dibandingkan dengan PS4 Pro). Apakah Anda masih dapat menikmati game di sistem yang lebih lama, terserah preferensi Anda.

Game Apa Yang Tersedia Di PS4 dan PS5?

Saat peluncuran, sebagian besar judul PS5 juga tersedia di PS4. Game utama seperti Spider-Man: Miles Morales dan Call of Duty: Black Ops Cold War memiliki versi PS4 yang tidak kekurangan konten apa pun.

Banyak pengembang menawarkan peningkatan gratis ke versi PS5 jika Anda membeli game PS4. Tentu saja, jika Anda memainkan game-game ini di PS5, Anda akan mendapat manfaat dari pemuatan SSD yang lebih cepat dan grafik yang lebih unggul.

Seperti pada generasi sebelumnya, game kemungkinan akan terus diluncurkan pada kedua generasi untuk beberapa waktu, karena orang-orang perlahan meningkatkannya. Harapkan judul lintas platform tahunan seperti Call of Duty untuk diluncurkan di PS4 pada tahun 2021 dan mungkin 2022. Sony telah menyatakan bahwa Horizon Forbidden West akan diluncurkan di PS4 juga, tetapi game masa depan lainnya seperti Ratchet & Clank: Rift Apart hanya akan tersedia di PS5 .

Satu-satunya game eksklusif PS5 yang benar pada November 2020 adalah Demon's Souls dan game paket Astro's Playroom. Dan Ruang Bermain Astro, meskipun hebat, lebih merupakan demo ilustrasi singkat daripada pengalaman yang harus dimainkan (pikirkan Wii Sports).

Jadi jika Anda tidak sabar untuk memainkan Demon's Souls atau menginginkan versi yang disempurnakan dari judul lintas generasi segera, maka PS5 mungkin layak untuk Anda upgrade sekarang. Tetapi sebaliknya, Anda tidak akan melewatkan banyak hal dengan menunggu. Perlu diingat bahwa banyak game generasi berikutnya diluncurkan dengan harga $ 70, bukan $ 60, yang berarti bahwa judul terbaru menambah lebih banyak biaya peningkatan.

PS4 Vs. PS5 Sebagai Pemutar Media

Meskipun game adalah daya tarik utama untuk konsol game, PS4 dan PS5 juga menawarkan fitur media. Jika Anda peduli tentang ini, mereka juga akan berpengaruh pada keputusan Anda.

Pada saat penulisan, PS4 memiliki lusinan aplikasi streaming yang tersedia, termasuk Amazon Video, Plex, Netflix, Crunchyroll, Disney +, Funimation, dan Peacock. Model dasar PS4 dapat melakukan streaming hingga 1080p, sedangkan PS4 Pro mendukung streaming media 4K.

Saat diluncurkan, PS5 menampilkan daftar aplikasi media yang lebih kecil :

  • Apple TV
  • Disney +
  • Netflix
  • Spotify
  • Berkedut
  • Youtube

Sony telah menyatakan bahwa lebih banyak aplikasi media, seperti Amazon Prime Video, Hulu, dan Peacock pada akhirnya akan hadir di PS5. Jadi, jika Anda menggunakan layanan yang belum memiliki aplikasi PS5, Anda tidak boleh memutakhirkan hingga datang ke konsol baru. PS5 memang memiliki browser web tersembunyi untuk memungkinkan Anda mengakses layanan lain, tetapi itu kikuk dan karenanya bukan solusi jangka panjang yang baik.

Jika Anda menggunakan media fisik, PS5 standar menghadirkan peningkatan pada kedua model PS4: drive Blu-ray 4K. Jelas, Anda tidak dapat menggunakan cakram fisik apa pun di PS5 Digital Edition.

Kecuali Anda ingin mendapatkan pemutar Blu-ray 4K, tidak ada gunanya meningkatkan ke PS5 sekarang untuk media saja. PS4 memiliki lebih banyak opsi media, dan jika Anda memiliki PS4 Pro, Anda sudah dapat melakukan streaming dalam 4K.

Ingat Kompatibilitas Mundur PS5

Seperti yang mungkin Anda ketahui, PS5 kompatibel dengan hampir semua game PS4. Ini berarti Anda dapat mentransfer data PS4 Anda ke PS5 dan menikmati judul yang lebih lama, memanfaatkan waktu muat yang lebih cepat (dan visual yang lebih baik daripada model dasar PS5).

Namun, hal ini memiliki beberapa rintangan. SSD PS5 memiliki jumlah ruang penyimpanan yang terbatas — sekitar 667GB dapat digunakan — jadi Anda tidak ingin mengisinya dengan game PS4 dan kehabisan ruang untuk game PS5. Anda dapat menghubungkan hard drive eksternal ke PS5 untuk menyimpan game PS4, tetapi itu adalah biaya tambahan jika Anda belum memiliki drive untuk digunakan.

Ini jelas bukan alasan untuk meningkatkan — ini lebih merupakan keuntungan setelah Anda melakukan lompatan.

Biaya Tersembunyi Dari Upgrade Dan Masalah Lainnya

Meskipun semua manfaat PS5 terdengar menarik, Anda harus mundur selangkah sebelum mengambil keputusan. Pertimbangkan bahwa PS4 yang sudah Anda miliki akan (semoga) terus berfungsi di masa mendatang dan sangat mampu memainkan game-game hebat.

Kemungkinannya adalah Anda belum memainkan semua game PS4 yang ingin Anda coba, terutama ketika ada begitu banyak game eksklusif PS4 yang luar biasa. Meskipun ini akan berjalan sedikit lebih baik di PS5, perbedaannya tidak cukup bahwa Anda harus mengeluarkan ratusan dolar untuk segera meningkatkan.

Pertimbangan lain adalah ukuran PS5. Ini jauh lebih besar daripada PS4 dasar dan PS4 Pro, jadi jika ruang menjadi masalah, Anda mungkin tidak dapat menemukan lokasi yang cocok untuk konsol baru.

Peningkatan juga memiliki biaya tambahan yang mudah dilupakan. Game tidak didiskon saat diluncurkan, jadi Anda harus membayar setidaknya $ 50 untuk setiap game yang Anda ambil. Jika Anda sering menggunakan PlayStation untuk media, Anda mungkin ingin membeli Media Remote PS5 seharga $ 30 juga. Biaya-biaya ini dapat meningkatkan sistem hingga $ 100 atau lebih — jika apa yang Anda miliki sudah berfungsi dengan baik untuk kebutuhan Anda, apakah ini sepadan?

Jika Anda bisa menunggu satu atau dua tahun, kemungkinan besar Anda bisa mendapatkan paket PS5 diskon yang menyertakan game. Anda juga akan memiliki lebih banyak game untuk dipilih dan dapat menikmati diskon untuk judul-judul yang sudah lama dirilis.

Haruskah Anda Meningkatkan Dari PS4 ke PS5?

Selama jendela peluncuran, hanya ada beberapa alasan bagus untuk meningkatkan dari PS4 ke PS5. Jika Anda sudah selesai dengan game PS4, ingin memainkan judul eksklusif seperti Demon's Souls dengan kinerja grafis terbaik, dan tidak akan melewatkan salah satu aplikasi pemutar media yang Anda miliki di PS4, mungkin masuk akal untuk meningkatkannya. Mengupgrade dari PS4 dasar ke PS5 juga menghadirkan game 4K, menjadikannya lebih lompatan daripada mengupgrade dari PS4 Pro.

Kekuatan grafis baru, kompatibilitas mundur, dan judul yang akan datang semuanya menarik. Tapi Anda benar-benar tidak kehilangan banyak hal dengan menunggu di PS5. Jika Anda bisa menunggu enam bulan atau satu tahun, Anda akan menikmati pengalaman sama seperti dengan pilihan game yang lebih baik.

Jika Anda memutuskan untuk tetap menggunakan PS4 Anda, pastikan Anda memeras sebanyak mungkin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel