37+ Kata Kata Bijak Jawa Kuno Kromo Inggil dan Artinya

 

afyinfo.com

Hai sobat orang merupakan salah satu yang sangat menggenggam erat yang namanya sopan dan satun, hal tersebut dikarenakan orang jawa dari kecil sudah diajarkan cara menghargai orang lain dan memiliki sifat rendah hati terhadap siapapun dan dimanapun. Selain memili sifat toto keromo yang kuat orang jawa juga memiliki sifat yang lemah lembut dalam berkata.

Dan tidak sedikt pula tokoh tokoh besar dari jawa yang kata katanya saat ini dijadikan pedoman untuk hidup karena selain membuat kita pentingnya apa arti hidup namun juga mengajarkan kita tentang banyak hal. Dalam pembahasan kali ini AfyInfo akan memberikan contoh kata kata bijak jawa yang bisa Anda terapkan untuk kehidupan Anda untuk menjadikan Anda lebih baik lagi.

  1. Golek sampurnaning urip lahir batin lan golek kusumpurnaning pati. (Kita bertanggung jawab untuk mencari kesejahteraan hidup di dunia dan akhirat)
  2. Urip kang utama, mateni kang sempurna. (Selama hidup kita melakukan perbuatan baik maka kita akan menemukan kebahagiaan di kehidupan selanjutnya)
  3. Tresna kanggo manungsa mung amerga katresnane marang Gusti Allah sing Nyipta’aken manungsa! (Cinta kepada seorang manusia hanya dikarenakan kecintaan kepada Allah Tuhan Semesta Alam yang telah menciptakan manusia)
  4. Gusti Allah paring pitedah bisa lewat bungah, bisa lewat susah. (Allah memberikan petunjuk bisa melalui bahagia, bisa melalui derita)
  5. Gusti paring dalan kanggo uwong sing gelam ndalan. (Tuhan memberi jalan untuk manusia yang mau mengikuti jalan kebenaran)
  6. Natas, nitis, netes. (Dari Tuhan kita ada, bersama Tuhan kita hidup, dan bersatu dengan Tuhan kita kembali)
  7. Kawula mung saderma, mobah-mosik kersaning hyang sukmo.(Lakukan yang kita bisa, setelahnya serahkan kepada Tuhan)
  8. Gusti iku cedhak tanpa senggolan, adoh tanpa wangenan. (Tuhan itu dekat meski tubuh kita tidak dapat menyentuhnya, jauh tiada batasan)
  9. Mohon, mangesthi, mangastuti, marem. (Selalu meminta petunjuk Tuhan untuk meyelaraskan antara ucapan dan perbuatan agar dapat berguna bagi sesama)
  10. Ala lan becik iku gegandhengan, Kabeh kuwi saka kersaning Pangeran. (Kebaikan dan kejahatan ada bersama-sama, itu semua adalah kehendak Tuhan).
  11. Ampun mbedaaken marang lintune. (Jangan membeda-bedakan antara sesama manusia).
  12. Adigang, adigung, adiguna. (Untuk selalu menjaga kelakuanmu, jangan sombong atas kekuatan dan kedudukan).
  13. Pusaka ingkang paling sekti niku sanes tmbak, pedang lan keris, pusaka ingkang paling sekti inggih punika dumunung ing jati diri (Pusaka yang paling sakti itu bukan tombak, pedang, dan keris. Akan tetapi terletak pada jati diri).
  14. Rela lan legawa lahir trusing batin, nanging ora ateges gampil kentean pengarepan. (Ikhlas dengan lahir batin bukan berarti kita mudah kehilangan harapan).
  15. Sabar iku lire momot kuat nandhang sakening coba lan pandhadharaning urip. (Sabar itu merupakan sebuah kemampuan untuk menahan berbagai godaan dan musibah dalam hidup).
  16. Gusti Allah paring pitedah bisa lewat bungah, bisa lewat susah (Allah memberikan petunjuk bisa melalui bahagia, bisa melalui derit).
  17. Adhang-adhang tetese embun, pasrah peparing marang gusti (setelah usaha dengan maksimal, kita juga harus pasrah pada Tuhan).
  18. Yen kowe tresna mung amarga rupa, banjur kepiye anggonmu tresna marang gusti kang tanpa rupa? (Kalau Kamu cinta hanya karena wajah, lalu bagaimana kamu mencintai Tuhan yang tanpa rupa?).
  19. Gusti paring mergi kangge tiang ingkang purun ting merginipun (Tuhan akan memberikan jalan bagi mereka yang mau mengikuti jalan-Nya).
  20. Becik ketitik ala ketara (kebaikan hanya terlihat setitik sedangkan keburukan pasti lebih jelas terlihat).
  21. Aja rumangsa bisa, nanging isaha rumangsa (Jangan merasa bisa tapi bisalah merasa).
  22. Lakon menang keri ( Tokoh utama menang di babak akhir).
  23. Sura dira jayaningrat, lebur dening pangastuti (Segala sifat keras hati, angkara murka, hanya bisa dikalahkan oleh sikap bijak, sabar, dan lembut).
  24. Sepira gedhene sengsara yen tinampa among dadi coba (Seberapapun masalah yang besar jika diterima dengan dada lapang dan ikhlas maka hanya menjadi cobaan yang ringan).
  25. Sak apik-apike wong yen awehi pitulung kanthi cara dedemitan (Sebaik-baik orang adalah yang memberi pertolongan secara sembunyi-sembunyi).
  26. Gusti Allah mboten sare (Allah tidak tidur, jadi, apa yang kita lakukan semuanya tidak lepas dari pengamatan yang Maha Kuasa).
  27. Golek jodho aja mung mburu endhahing warna, pala karma aja ngece-ngeceh banda. (Mencari jodoh itu jangan hanya karena rupa yang menawan, waktu pernikahan jangan hanya menghamburkan harta benda).
  28. Dudu sanak, dudu kadang, yen mati melu kelangan. (Bukan keluarga, bukan saudara, jika sudah meninggal ikut merasa kehilangan).
  29. Alam ora bisa dilawan, awu sing semebar iku sejatine berkah gusti kanggo njaga kesuburan bumi Jawa. Mulane ayo pada disyukuri wae. (Alam tidak akan bisa dilawan, abu yang beterbangan adalah berkah dari Tuhan untuk menjaga kesuburan bumi Jawa. Untuk itu mari kita syukuri saja).
  30. Aja dadi kacang kang lali akro uripe (Jangan menjadi orang yang lupa atas jasa orang lain).
  31. Aja dadi pengecut kaya upil sing umpetan ning ngisor meja (Jangan jadi pengecut seperti upil yang ngumpet di bawah meja).
  32. Urip iku akeh cobaan. Yen akeh saweran iku jenenge dangdutan. (Hidup itu banyak cobaan. Kalau banyak saweran itu namanya dangdutan).
  33. Kuat lakoni, ora kuat tinggal ngopi (Jika kuat dijalani, tidak kuat ditinggal ngopi).
  34. Witing tresna jalaran saka kulina. Witing mulya jalaran wani rekasa ( cinta itu tumbuh karena ada kebiasaan. Kemakmuran timbul karena berani bersusah dahulu).
  35. Wong menang iku wong sing bisa ngasorake priyanggane dhewe (Orang yang menang adalah orang yang bisa melawan nafsunya sendiri.).
  36. Sing wis lunga lalekna, sing durung teko entenana, sing wis ana syukurana (Yang sudah pergi relakanlah, yang belum datang tunggulah, yang sudah ada syukurilah.).
  37. Golek sempurnaning urip lahir batin lan kasempurnaning pati (Mencari kesempurnaan hidup di dunia dan akhirat).

Berikut adalah contoh kata kata bijak jawa kuno yang mampu membuat Anda menjadi orang yang lebih baik lagi dan bisa merubah nasib Anda untuk berusaha lebih keras agar menjadi orang yang sukses serta memiliki hari yang bersih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel