Pengertian Shalat Ghairu Munfarid

https://www.afyinfo.com/

Kita umat muslim mengenal istilah Sunnah  yang merujuk dan mengikuti apa yang diajarkan oleh Rasulullah Saw dalam mengamalkan ajaran Islam.

Menurut KBBI Sunnah merupakan Jalan yang biasa kita lewati sehari hari atau sebuah kebiasaan, namun menurut aturan agama sunnah didasarkan atas segala sesuatu yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw, baik perbuatan, perkataan, sikap, ataupun kebiasaan yang tidak pernah ditinggalkannya.

Sunnah tidak hanya ada didalam Al-Qur'an namun Rasululah SAW juga mengarkan kita untuk melakukan kegiatan atau sesuatu yang disunahkan, yang sunnah ini bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allaw SWT dengan cara menjauhi larangannya dan mengikuti perintahnya. 

Sunah ada berbagai macam jenisnya mulai dari kegiatan, pekerjaan hingga beribada seperti shalat contohnya shalat Ghairu Muakkad yang apabila Anda mengerjakannya mendapat pahala dan apabila meninggalkannya tidak berdosa. 

Ghairu Muakad/Munfarid, merupakan shalat sunah yang tidak diharuskan tanpa adanya paksaan yang kuat, seperti tahiyatul masjid, shalat rawatib, juga shalat tahajud, shalat sunah Rawatib dan juga shalat yang memiliki sifat insidentil yaitu tergantung dengan waktu dan keadaannya, contoh shalat khusuf yang mana dikerjakan apabila terjadi gerhana baik gerhana bulan ataupun gerhana matahari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel