Cara Mudah Tuning Kalimba 8,10,17 Tune Untuk Pemula

  

https://www.afyinfo.com/

Kalimba merupakan sebuah alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan seperti piano atau pianika namun, Akan tetapi kalima memiliki ukuran yang mini dan kunci nada tine yang lebih sedikit. Kalimba juga memiliki berbagai jenis mulai dari kalimba dengan 17,7 dan juga 10 tine, Namun meskipun begitu cara memainkannya sama saja, cukup ditekan seperti piano dan pianika. 

Mungkin alat ini tidak terlalu viral seperti alat musik gitar dan lain lain, namun saat ini kalimba sedang ramai dibincangkan dan tidak sedikit orang yang ingin belajar bermain kalimba, Namun sebelum itu Anda harus pandai tuning kalimba agar suara yang dihasilkan makin nyaring dan asik untuk didengar.

Tuning merupakan hal dasar yang wajib Anda kuasai bagi pemula, agar Anda tidak kebingungan saat bermain. Soalnya tidak sedikit orang yang tidak tahu bagaiman cara tunning kalimba.

Berikut cara mudah tunning kalimba untuk pemula :

1. Menggunakan aplikasi.
Aplikasi yang dapat Anda gunakan juga terbilang sangat banyak diantaranya : 
  • VITALtuner, 
  • Cleartune, 
  • iStrobosoft.
Cara penggunaan apliaksi tersebut cukup mudah dan gampang kok Anda hany tinggal mengikutinya dan pilih jenis sesuai tune yang dimiliki kalimba Anda.

2. Cara Manual.
  • Anda bisa menggunakan hammer atau martil yang Anda dimiliki untuk kalimba Anda yang mana kalimba tersebut berguna untuk mengatur tinggi rendahnya nada yang dihasilkan oleh kalimba Anda. Cara penggunaannya : Apabila Anda mengetok atau memukul Nuts Logam dari arah bawah ke atas itu untuk menaikkan nada, sedangkan jika Anda mengetok nuts dari atas ke bawah maka itu untuk menurunkan nada.
  •  Pada sebagian besar kalimbas dengan 8 tune, tune bagian tengah akan menjadi menjaadi acuna untuk nada C.
  • Sedangkan untuk 12 tune pacuannya adalah nada G dan C.
  • Kemudian Anda ulangi proses tersebut untuk sisa kunci yang lainnya sesuai dengan pacuan nada atau kunci C ataupun G dan kemudian sesuaikan dengan yang lainnya. Setelah Anda memposisikan semua tine di posisi yang tepat, kalimba Anda harus disesuaikan dan siap dimainkan.
Selamat belajar dan semoga Anda cepat mahir main kalimbanya :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel