Cara Menanam Seledri Menggunakan Teknik Hidroponik

afyinfo.com

Seledri merupakan tumbuhan yang memiliki cita rasa yang segar, namun selain itu segar seledri juga teryata kerap dijadikan obat dan bahkan dalam kehidupan kita sehari hari seledri kerap digunakan sebagai salah satu sayuran yang sering dikonsumsi.

Mungkin bagi sedikit orang kesulitan dalam menanam seledri baik dikarenakan kurang pemahaman ataupun lokasi yang tidak mendukung. Nah dalam pembahasan kali ini Afyinfo akan membahas mengenai menanam seledri menggunakan teknik hidroponik.

Nah penanaman menggunakan teknik hidroponik ini memiliki banyak keunggulan diantaranya, apabila pada dasarnya seledri ditanam di dataran tinggi, namun apabila menggunakan teknik hidroponik seledri dapat tumbuh di dataran rendah. Berikut adalah pembahasannya :

Cara Menanam Seledri Hidroponik :

1. Menyiapkan Bibitnya

Bibit seledri dapat Anda peroleh dengan cara menyemai seledri (Cara Menyamai Bibit Seledri). Apabila Anda tidak mau repot Anda juga bisa membeli benih benihnya di toko pertanian, namun jika lebih baik Anda membuatnya sendiri dengan cara tersebut.

  • Pertama sediakan benih seledri yang sudah disemai.
  • Kemudian Anda isi baskom yang sudah Anda isi air.
  • Kemudian bibit seledri Anda rendam kedalam baskom selama 1 jam.
  • Kemudian Anda pilih benih seledri yang masih tenggelam  dan Anda buang bibit yang mengambang hal tersebut dikarenakan bibit yang baik adalah bibit yang mampu bertahan di dalam air selama 1 jam.
  • Langkah berikutnya Amda siapkan netpot yang sudah diberi sumbu kain flanel, selanjutnya Anda masukan arang sekam ke dalam netpot dan beri sedikit air.
  • Setelah benih sudah dimasukkan ke dalam netpot, pastikan Anda hanya mengisi 3-5 benih saja, karena apabila terlalu banyak menumpuk nantiya saat tumbuh.
  • Setelah proses penyemaian selesai, selanjutnya Anda tunggu hingga daun sejati keluar, karena itulah yang menjadikan tanda bahwasanya tanaman sudah dapat diberikan nutrisi.

2. Cara Menanam Seledri 

  • Pertama Anda sediakan terlebih dahulu pipa paralon, kemudian Anda berikan lubang pada pipa paralon tersebut yang hal tersebut bertujuan untuk meletakkan netpot.
  • Selanjutnya Anda tutup kedua lubang pipa paralon dengan styrofoam agar nutrisi tidak terjatuh/tumpah.
  • Kemudian Anda berikan larutan nutrisi AB mix sekitar 5 ml kedalam 1 liter air bersih.
  • Selanjutnya Anda isi pipa paralon tersebut dengan larutan nutrisi sebanyak 1260-1680 ppm dengan ukuran pH 6,5.
  • Kemudian Anda masukkan netpot yang sudah Anda isi dengan benih pada lubang pipa paralon.
  • Selanjutnya Anda tata dan rapikan pipa paralon ke dalam rak.
  • Tahap selanjutnya Anda buat naungan agar terhindar dari paparan matahari secara langsung.
3. Cara Perawatan dan Pemeliharaan

Teknik yang kita gunakan kali ini menggunakan teknik yaitu wick system atau sistem apung. Jadi harus Anda pastikan ketersediaan nutrisi dalam pipa paralon tetap terjaga. Usahakan Anda selalu melakukan pengecekan setiap hari, dan apabila nutrisi kurang Anda langsung saja tambahkan. Kemudian Anda tinggal meningkatkan ppm nutrisi sesuai dengan pertumbuhan tanaman. Ingat harus dipastikan jangan sampai larutan nutrisi menyentuh netpot. Jadi Anda harus memberikannya jarak sekitar 1 cm dibawah netpot.

Berikut adalah penjelasan serta cara menanam seledri hidroponik secara lengkap, jadi bagi Anda yang belum memahami cara menanam seledri menggunakan teknik hidroponik Anda bisa belajar dan memahaminya, selamat mencoba dan semoga Anda suskses mencobanya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel