Cara Membuat Susu Kedelai Agar Tidak Pecah dan Tahan Lama

https://www.afyinfo.com/

Sudah tidak diragukan lagi bukan bahwasanya susu kedelai memiliki beragam manfaat dan gizi yang sangat tinggi, dn apabila Anda rajin mengonsumsi kedelai setiap hari maka nutrisi dalam diri Anda tetap terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Nah dalam pembahasan kali ini Afyinfo akan memberikan tips atau cara untuk membuat kacang kedelai ala rumahan yang enak, lezat dan juga praktis. Dalam pembahasan kali ini kita akan menghaluskan kacang kedelei menggunakan blender dan juga air. Selain Anda dapat belajar bagaimana cara membuat susu kedelai Anda juga bisa menjadikannya sebagai media bisnis, yaitu menjual susu kacang kedelai. 

Dan tidak hanya disitu susu kedelai kerap sering dijadikan pengganti susu pada bayi atau asi, soalnya tidak semua anak bayi itu suka yang namanya susu formula atau kemasan, pasalnya banyak bayi yang tidak serasi dengan mengonsumsi susu sapi atau alergi terhadap susu sapi.

1. Bahan Untuk Membuat Susu Kedelai :

  • Biji kedelai 1 kg
  • Daun pandan 3 lembar
  • Gula 4 sdm dan Garam 1 sdt
  • Air mineral 10 L

2. Cara Membuat Susu Kedelai :

  • Langkah pertma yang harus Anda lakukan adalah Anda harus mencuci bersih biji kedelai yang sudah disediakan, kemudian Anda rendam selama kurang lebih 8 jam lamanya. setelah sudah Anda rendam selama 8 jam kemudian Anda cuci lagi dan buang seluruh kulit dari biji kacang kedelai.
  • Setelah sudah bersih secara keseluruhan, kemudian Anda blender biji kedelai yang sudah bersih tersebut, dan apabila sudah cukup halus dan encer kemudian Anda saring larutan kedelai tersebut menggunakan penyaringan.
  • Setelah sudah Anda saring kemudian Anda rebus, pastikan Anda merebusnya dengan api sedang agar susu kedelainya tidak pecah, karena apabila sarinya sudah pecah nilai gijinya juga ikut hancur dan hasilnyapun kurang berkualitas. 
  • Pada saat direbus, kemudian Anda tambahkan gula sekitar 4 sdm dan juga garam sekitar 1 sdt, lalu Anda berikan juga daun pandan sekitar 3 helai, kemudian Anda aduk hingga merata.

Penting : Jangan sampai Anda tidak mengaduknya karena jika Anda tidak mengaduknya susu kedelai juga bisa menjadi pecah dan sari patinya hilang, jadi pastikan Anda mengaduknya hingga susu mendidih

  • Berikutnya susu kedelai sudah siap dihidangkan dan dikonsumsi oleh keluarga Anda dirumah.

3. Cara Untuk Membuat Susu Kedelai Rasa Coklat atau Vanilla

Apabila Anda ingin memberikan cita rasa terhadap susu kedelai yang Anda buat buat Anda cukup menambahkan beberapa bahan tambahan diantaranya adalah Anda cukup menambahkan perasa vanilla bubuk sekitar 1 sdm, coklat bubuk 1 sdm, kemudian Anda tambahkan juga kayu manis 1 batang. 

Penting : Anda juga bisa memberikan rasa lain sesuai dengan selera Anda, caranya cukup mudah kok ikuti saja cara tersebut dan cukup Anda ganti rasa yang ingin Anda nikmati bersama keluarga Anda. Selamat mencoba dan semoga Anda sehat selalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel