Cara Membuat Bolu Karamel (Sarang Semuta) Menjadi Kembang dan Enak

https://www.afyinfo.com/

Bolu merupakan makanan yang kerap kita temui saat acara acara besar seperti ulang tahun, pernikahan ataupun acara acara besar lain. Selain memiliki rasa yang lejat bolu juga sangat digemari banyak. Akan tetai proses pembuatan bolu juga tidak mudah lo teman, diperlukan teknik atau keahliann khusus untuk membuat bolu agar bolu yang dihasilkan pun maksimal.

Pasalnya tida sedikit orang yang gagal dalam membuat olahan kue bolu mulai dari agak kekerasan, kurang mengembang hingga kematangan dan menjadi sedikit gosong di bagian bawah bolu. Nah dalam pembahasan kali ini Afyinfo akan membahas bagaimana cara membuat olahan bolu yang enak dan lezat serta tahan lama, berikut adalah penjelasannya.

Cara Mengola Bolu Karamel (Sarang Semuta) Menjadi Kembang, Enak, dan Tahan Lama :

Bahan Yang Diperlukan :

  • Gula pasir
  • Air Hangat
  • Telur
  • Tepung Terigu
  • Tepung Tapioka
  • Susu Kental Manis
  • Butter
  • Baking Powder
  • Soda Kue dll
  • Margarin
  • Maizine
Cara Pengolahan :
  1. Lahkah pertama adalah Anda harus memanaskan oven terlebih dahulu kemudian siapkan loyang, stelah itu oleskan loyang mengunakan margarin dan taburi tepung terigu sikit saja disetiap sisi loyang tersebut, loyang yang kita gunakan adalah loyang cincin karena bolu yang akan kita buat berbentuk cincin atau lingkaran dan boleh juga menggunakan loyang dengan bentuk yang lain seperti segitiga, petak dan asih banyak lagi.
  2. Kemudian Anda panaskan gula pasir menggunakan api yang kecil agar tidak terlalu gosong dan menjadi gula karamel yang sempurna.
  3. Setelah gula sudah menjadi karamel selanjutnya Anda masukkan air panas secukupnya sekitar 500 ml, tuangkan secara perlahan dan merata agar hasilnya maksimal. Setelah itu diamkan hingga beberapa saat hingga tercampur merata dan kemudian angkat.
  4. Tahap selanjutnya adalah Anda sediakan telur dan kemudian Anda kupas dan campurkan dengan susu kental manis yang sudah disediakan sekitar 200 ml dan aduk hingga merarata. Setelah itu masukkan tepung terigu, maizena, baking powder dan juga soda kue, masukkan soda kue dengan cara diayak secara perlahan ya agar hasil maksimal. Setelah itu Anda aduk dengan whisk hingga semua bahan tercampur merata.
  5. Tahap Selanjutnya adalah Anda masukkan cairan karamel yang sudah diolah tadi kedalam adonan tepung dan tepung yang sudah diolah, masukkan secara perlahan hingga tercampur merata, usahakan sambil diaduk biar tercampur merata. Setelah itu Anda tambahkan lagi margarin cair ke dalam adonan. Selanjutnya Anda aduk lagi hingga merata. 
  6. Setelah semua bahan sudah tercampu merata kemudian Anda Masukkan adonan yang sudah dibuat tadi ke dalam loyang cincin yang sudah disediakan.
  7. Kemudian Anda panggang usahakan dengan suhu 175 derajat dan panggang selama 45 menit agar hasilnya maksimal dan tidak terlalu matang dan gosong.  
  8. Setelah sudah selesai kemudian Anda angkat, dan diamkan hingga bolu menjadi dingin, setelah sudah dingin kemudian Anda keluarkan dari loyang, pastikan jgn terlalu cepat kalaw tidak bolu masih lengket dengan loyang dan ketika diangkat dia akan hancur dan lengket dengan loyang karena belum dingin sepenuhnya. 
  9. Nah akhirnya bolu sudah selesai dan siap dihidangkan untuk keluarga Anda.

Penting :
Pada saat Anda membuat gula karamel alangkah baikya olahan tersebut jangan terlalu kuat mengaduknya dan cukup Anda bolak balik saja ahar caramel memiliki rasa yang maksimal. Dan pastikan juga jangan terlalu lama agar karamel tidak kematangan dan menjadi pahit. 

Apabila karamel yang sudah diolah sudah jadi alangkah baiknya Anda dinginkan terlebih dahulu sampai menjadi suhu sekitar +10 derajt celcius, hal diharuskan agar warna yang dihasilkan dari bolu nantinya memiliki warna yang pas sedikit kecoklatan dan cerah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel