Cara Membangun Raspberry Pi Menjadi Media Server

https://www.afyinfo.com/

Ingin menginstal server media Raspberry Pi? Berikut beberapa cara Anda dapat mulai menggunakan Raspberry Pi sebagai server media sekarang!

Salah satu kegunaan paling populer untuk komputer Raspberry Pi murah adalah sebagai media center. Sementara Model A atau Raspberry Pi Zero, akan berfungsi, Anda akan mendapatkan hasil terbaik dengan Raspberry Pi 3 atau 4. Meskipun model menawarkan kinerja yang unggul, semua model dapat memberikan solusi pusat media yang ringkas, terjangkau, dan berdaya rendah.

Beberapa opsi server media Raspberry Pi ditawarkan. Kami akan memandu Anda di bawah ini, melihat fitur, kelebihan, dan kekurangan masing-masing.

Mengapa Menggunakan Distro Server Media Untuk Raspberry Pi?

Berbagai solusi server media tersedia untuk Raspberry Pi. Ini berkisar dari server khusus video hingga solusi hanya audio, dengan sebagian besar menangani semua jenis media.

Kami telah mengumpulkan solusi server media terbaik untuk Raspberry Pi :

  • ReadyMedia
  • Kodi
  • Mopidy
  • OpenMediaVault
  • Server Media Plex
  • Kotak Musik Pi
  • Emby
Tetapi aplikasi pusat media mana yang harus Anda instal pada kartu SD Raspberry Pi Anda?

Cara Membangun Raspberry Pi Menjadi Media Server

1. Bangun Server DLNA Raspberry Pi Dengan ReadyMedia

Sebelumnya dikenal sebagai MiniDLNA, ReadyMedia memerlukan penginstalan pada sistem operasi Raspberry Pi standar. Mulailah dengan memasang drive disk dengan data media, lalu gunakan perintah penginstalan standar:

Pertama Anda Instal >>minidlna<<

Tidak seperti contoh lain di sini, beberapa konfigurasi manual diperlukan, seperti yang dijelaskan dalam video.

Setelah terinstal, ReadyMedia kompatibel dengan DLNA / UPnP-AV, yang berarti bahwa perangkat yang kompatibel dengan DLNA di jaringan yang sama harus dapat mendeteksi Pi Anda. Server DLNA Raspberry Pi Anda kemudian akan mengalirkan media ke perangkat.

Cepat, ringan, dan mudah dikonfigurasi, ReadyMedia adalah opsi untuk dipilih jika Anda hanya ingin melakukan streaming media Anda. Untuk pengindeksan media, pertimbangkan solusi lain.

2. Streaming Media Raspberry Pi Dengan Kodi

Mungkin nama yang paling dikenal dalam daftar ini, Kodi tersedia untuk Raspberry Pi.

Sementara hari-hari terbaik Kodi tidak diragukan lagi ada di belakangnya, Pi memiliki beberapa build Kodi yang tersedia, distro lengkap seperti LibreElec dan OSMC. LibreElec tersedia untuk Raspberry Pi 4, tetapi OSMC saat ini tidak tersedia di luar Raspberry Pi 3.

Namun, Anda juga dapat menginstal Kodi secara manual ke sistem operasi Pi yang ada menggunakan :

Tapi tunggu sebentar. Bukankah server media berbasis Kodi sebenarnya adalah pusat media? Ya, mereka berdua, dan itulah mengapa mereka bisa masuk daftar ini.

Penyediaan DLNA / UPnP berarti Kodi (dan garpu-nya) dapat digunakan sebagai server media.

Jika Anda sudah menggunakan distro berbasis Kodi, maka Anda tidak memerlukan server media karena Anda sudah memilikinya. Caranya :
  • Pengaturan> Layanan> UPnP
  • Di sini, aktifkan Bagikan perpustakaan video dan musik melalui UPnP
Anda sekarang dapat melakukan streaming konten dari sistem berbasis Kodi Anda ke perangkat lain di jaringan Anda.

3. Server Musik Mopidy Untuk Raspberry Pi

Mencari solusi server media khusus audio untuk Raspberry Pi?

Dengan dukungan untuk ekstensi khusus dan Python, JSON-RPC, dan JavaScript API, Mopidy lebih dari sekadar server musik. Berpotensi sebagai server musik Raspberry Pi paling kuat yang tersedia, ia dapat memutar trek dari :
  • Perpustakaan berbasis disk
  • Spotify
  • SoundCloud
  • Google Play Musik
Dalam video yang menyertainya, Mopidy diinstal pada Raspberry Pi yang disematkan di pemutar kaset retro. Dengan tombol dan volume yang terhubung ke Pi GPIO, pemutaran audio melalui ekstensi Mopidy kustom.

Tag NFC dalam kaset meminta pemutaran playlist Spotify tertentu. Ini hanyalah salah satu cara agar dukungan ekstensi Mopidy dapat meningkatkan kenikmatan audio Anda.

4. Bangun Server Streaming Raspberry Pi Dengan OpenMediaVault

Diakui lebih dekat ke NAS daripada server media, OpenMediaVault adalah pilihan cerdas bagi pemilik Pi yang ingin mengakses file media mereka dari perangkat apa pun di jaringan yang sama.

Penyiapannya mudah, tetapi panjang. Anda mungkin mengalami masalah awal saat memasang hard disk drive yang telah Anda sambungkan ke Pi Anda. Ini harus segera diatasi, bagaimanapun, memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi sistem dengan benar

Di antara fitur-fitur OMV adalah dukungan untuk UPS (catu daya tak terputus) dan statistik untuk membantu pemantauan sistem. Ada juga dukungan sistem file EXT3 / EXT4 / XFS / JFS dan RAID dapat diatur untuk pencerminan HDD.

SSH, FTP, TFTP, SMB dan RSync semuanya didukung untuk koneksi langsung ke perangkat OMV Anda. Anda biasanya akan mengaksesnya melalui browser web, dengan membuka alamat IP.

Berbagai plugin juga tersedia untuk OMV, seperti fitur backup USB dan alat lain untuk memperluas fungsionalitas.

5. Server Media Plex Raspberry Pi

Jika Anda lebih suka melakukan streaming dari desktop atau server media khusus ke Raspberry Pi Anda, cari Plex. Nama populer di streaming media rumah, Plex dapat digunakan untuk mengalirkan konten ke semua jenis perangkat.

Berkat popularitas Plex, Anda dapat menikmati streaming media melalui Plex di berbagai pilihan perangkat. Aplikasi seluler tersedia untuk Android dan iOS. Sementara itu, streamer media seperti Apple TV, Amazon Fire TV, dan banyak Smart TV juga memiliki klien Plex.

Anda bahkan akan menemukan klien untuk konsol saat ini dan generasi terakhir, Windows, macOS, Kodi, dan bahkan model hingga Raspberry Pi 3.

Perhatikan bahwa Plex menuntut agar file Anda diberi nama dalam format tertentu. Hal ini memungkinkan perangkat lunak untuk menarik metadata yang sesuai dari web. Melakukannya memberi Anda detail tentang file media di perpustakaan Anda, mis. sampul album atau DVD, daftar lagu, dll.

Halaman dukungan dari situs web Plex ini menjelaskan pengaturan dan penamaan file.

Karena keadaannya, Plex harus menjadi pilihan pertama server media Anda. Gunakan Plex Media Server build untuk Raspberry Pi untuk hasil terbaik. Dan ingat, Anda juga dapat berlangganan Plex Pass untuk mendapatkan lebih banyak fitur.

6. Buat MusicBox Raspberry Pi

Digambarkan sebagai "Pisau Tentara Swiss streaming musik" Raspberry Pi Pi MusicBox mengalirkan audio cloud ke speaker yang terhubung. Ini mungkin dari Spotify atau layanan online lainnya, atau musik lokal atau jaringan dari NAS Anda. Ada juga dukungan untuk TuneIn dan layanan radio web lainnya, serta podcast dari iTunes.

Pi MusicBox memiliki dukungan audio USB, serta konektivitas nirkabel dengan Spotify Connect, AirTunes / AirPlay, dan streaming DLNA. Ini berarti musik yang disajikan melalui Raspberry Pi Anda dapat diputar di ponsel, tablet, atau Smart TV apa pun.

Sayangnya, Pi MusicBox belum diperbarui sejak 2017. Namun, ini didasarkan pada Mopidy (di atas) jadi jika Anda mencari solusi Mopidy yang telah dikonfigurasi sebelumnya, coba ini.

7. Mengatur Server Emby Media Pada Raspberry Pi

Emby adalah solusi server media dengan dukungan untuk foto, video, dan musik. Aplikasi mengalirkan data Anda ke Android, iPhone, iPad, dan tablet Windows, Android TV, Amazon Fire, Chromecast, Roku, dan konsol.

Kontrol orang tua dapat diatur dengan Emby, menjadikannya server media rumah berbasis keluarga yang sempurna untuk Raspberry Pi. Emby memenuhi banyak peran server foto Raspberry Pi, server video, dan server audio.

Ada juga dukungan DLNA untuk menyederhanakan streaming konten ke dan dari server Anda.

Beberapa opsi tersedia untuk menginstal Emby. Solusi paling sederhana adalah dengan menggunakan distribusi Raspberry Pi DietPi low-footprint. Dengan menginstal ini, Anda cukup memilih opsi menu Software Optimized kemudian Emby Server.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel