Cara Mudah Stem Ukulele Untuk Pemula


https://www.afyinfo.com/

Hai semuanya, Apakah Anda salah satu orang yang menyukai musik. Mendengar kata musik mungkin sudah tidak asing lagi bukan ditelingan Anda apalagi para pria ,bukan. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai cara men stem ukulele . Mungkin  bagi Anda alat musik ini sudah tidak asing lagi bukan. 

Kali cara yang saya bahas ada 2 tahap yakni, menggunakan cara manual dan satu lagi menggunakan aplikasi, aplikasi yang saya gunakan adalah aplikasi Penala Ukulele dan kalau lebih jelas ada gambarnya di bawah. Jika Nah mungkin banyak orang yang tau cara menstem giyarnya, tetapi tidak terkecuali masih banyak juga yang belum paham bagaimana cara menstem ukulele terutama ukulele. Tapi tenang karena kali ini AfyInfo akan membahas secara mudah bagaimana cara menstem ukulele. 

Berikut adalah 4 Cara Mudah Stem Ukulele(Kentrung), Dijamin Berhasil :


Menggunakan Aplikasi :

Mungkin bagi Anda para penggemar ukulele sudah tidak asing lagiya dengan aplikasi Penala Ukulele karena pada dasarnya kebanyakan orang menstem menggunakan aplikasi ini. Nah tanpa basa basi saya akan memberi tahu bagaimana cara menggunakan aplikasi ini.

Nah kali ini kita akan men stem atau mensetting menggunakan aplikasi Penala Ukulele. Berikut gambarnya : 


1. Men Stem Kunci : F#, C# & A 
Ukuran Frekuensi Senar bawah : F# Frekuensinya 370.
Ukuran Frekuensi Senar tengah : C# Frekuensinya 277.

Ukuran Frekuensi Senar atas : A Frekuensinya 440.

2. Men Stem Kunci : G, B & E
Ukuran Frekuensi Senar bawah : E Frekuensinya 330.
Ukuran Frekuensi Senar tengah : B Frekuensinya 247.

Ukuran Frekuensi Senar atas : G Frekuensinya 391.

3 Men Stem Kunci : C, A & E
Ukuran Frekuensi Senar bawah : A Frekuensinya 440.
Ukuran Frekuensi Senar tengah : E Frekuensinya 330.

Ukuran Frekuensi Senar atas : C Frekuensinya 524.

4 Men Stem Kunci : Bb, D & G
Ukuran Frekuensi Senar bawah : G Frekuensinya 391.
Ukuran Frekuensi Senar tengah : D Frekuensinya 294.

Ukuran Frekuensi Senar atas : Bb Frekuensinya 465.

Cara Manual :

1. Melakukan Stem Pada Senar 1

Pada dasarnya senar 1 ini merupakan acuan standarisasi dari pen steman ukulele. Maka dari itu langkah awal dari stem ukulele dilakukan dengan senar 1 terlebih dahulu setelah itu lanjut  ke senar 2. Pada saat Anda menstem usahakan senar jangan terlalu kuat dan juga jangan terlalu kendor agar suara yang dikeluarkan pun lebih asik. 


Caranya : Anda cukup memetik sambil memutar stellan senar ukulele, setelah itu Anda dengarkan dengan seksama agar nada yang dihasilkan pun sama. Lakukan sesuai setingan dengan suara yang Anda sukai. Setelah sudah pas nadanya langkah selanjutnya.


 2 . Lakukan Stem Pada Senar 2


Setelah Anda sudah selesai dalam settingan senar 1 selanjutnya Anda setting senar 2. Prinsip yang dilakukan pada senar 2 ini dilakukan dengan mengikuti irama senar 1. 


Caranya : Anda tekan senar nomor 2 di fret 5, setelah itu Anda tinggal membunyikan senar 1 dan 2 secara bergantian. Setelah kedua senar telah mengeluarkan bunyi yang sama, berarti stem Anda di senar 1 dan 2 sudah benar. Utamakan Anda mendengarknnya dengan tepat dan benar agar hasilnya lebih baik dan garing jika didengar. Dan hal yang paling fatal jika nadanya tidak sama maka senar 3 dan 4 pun juga tidak akan sama nantinya.


3. Lakukan Stem Senar 3


Setelah Anda sudah selesai menstem senar 1 & 2 selanjutnya Anda stem senar 3. Tapi sudah dipastikan senar 1 & 2 sudah benar" menghasilkan nada yang sama. Nah dalam tahap pensteman senar 3 ini cara nya sih gak jauh beda dan hampir sama, yang membedakan hanyala letak fred yang Anda tekan. Nah Untuk senar 3 ini Anda harus menekan senarnya pada fred 4, kemudian sesuaika dengan nada irama dari senar 1 & 2, jida ketiga senar sudah memiliki nada yang sama maka stem man Anda sudah tepat dan benar.



Berikut 2 tahap pen steman pada ukulele. Gimana mudah kan. Semoga informasi yang AfyInfo berikan bermanfaat bagi Anda semua, selamat mencoba dan semoga main ukulelenya makin asik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel