8 Hewan Terkecil di Dunia 2021, Lebih Kecil Dari Amuba

Di dunia sangat banyak hewan yang hidup di dalamnya dari berbagai jenis, ukuran hingga bobot yang berbeda beda. Nah dalam pembahasan kali ini kita akan membahas hewan terkecil dan juga mungil yang ada di dunia. Tentu hewan hewan berikut ini pasti bisa membuat kamu ingin memilikinya.

7 Hewan Terkecil di Dunia Tahun 2019


Berikut adalah 7 hewan terkecil yang ada di dunia :

1. Thorius Arboreus

Thorius Arboreus merupakan jenis hewan salamander kecil yang berasal dari Meksiko. Hewan ini memiliki keunikan yaitu ukura pejantan lebih kecil dibandingkan ukurang sang betina pasalnya hewan Thorius ini jika pejantan memiliki tubuh sekitar 18 mm sedangkan betina berukuran 20 mm. Hewan ini memiliki ciri fisik kepala yang lebar, mulutnya berbentuk seperti cicak, dan matanya besar. Hewan inidapat Anda temukan di hutan dataran tinggi yang memiliki suhu yang hangat. habitat mereka biasanya mereka tinggal di bawah kayu yang sudah membusuk. 

2. Leptotyphlopidae

Hewan yang satu ini berbentuk seperti ular bahkan julukannya saja adalah ular buta. Mereka memiliki kinerja yang mirip dengan cacing yaitu mencari makan dengan cara indra peraba yaitu kulitnya atau sensor kulit. Makanan dari hewan ini adalah serangga, larva, dan juga semut. Hewan Leptotyphlopidae ini dapat amu temukan di daerah tropis, di hutan yang sering terdapat hujan dan juga banyak terdapat sarang rayap dan semut. 

3. Pygmy Marmoset

Pygmy Marmoset ini memiliki wujut yang mirip dengan marmot, Tetapi hewan yang satu ini merupakan spesies monyet endemik yang tinggal di kawasan hutan Amazon. Hewan endemik ini memiliki ukuran sekitar 3,5 ons dengan panjang yang hanya mencapai 5 inci. Pygmy Marmoset ini adalah hewan yang sangat imut dan lucu karena bentuknya yang kecil dan juga imut. Pygmy Marmoset memiliki kebiasaan melingkar di jari manusia dan juga termasuk hewan monogami yaitu hewan yang hanya kawin satu kali seumur hidupnya. Sudah mungil, imut, setia lagi kurang apalagi hewan yang satu ini cobak, hahaha...!

4. Lemur Madame Berthe


Lemur Madame Berthe ini pertama kali ditemukan pada tahun 1992. Hewan yang satu ini juga dinyatakan sebagai hewan terkecil yang ada di dunia. Pmur Madame Berthe memiliki ukuran panjang sekitar 9,2 cm dengan bobot yang hanya mencapai 30 gr. Lemur ini memiliki ciri fisik yaitu ekor panjang, telinga yang besar, dan jari jemarinya telanjang.

Hewan Lemur ini termasuk kedalam hewan  Nokturnal yang artinya hewan yang aktif di malam hari. Makanan hewan ini adalah serangga, buah, dan reptil reptil yang berukuran kecil.

5. Tikus Kerdil

Hewan ini memang tikus tetapi tikus ini berbeda dari tikus lainnya. Tikus ini memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga dinamakan tikus kerdil. Tikus yang satu ini memiliki keuniakan yaitu memiliki gigi yang putih. Tikus kerdil ini memiliki berat badan yang hanya 1,8 gr dan panjang yang hanya berukuran 4 cm. Hewan ini juga termasuk hewan yang suka menyendiri dan ketika mereka ditemukan dalam keadaan berkelompok itu artinya mereka sedang megalami musim kawin. Musim perkawinan mereka diperkirakan pada bulan  Maret hingga Oktober. Tikus kerdil memiliki habitat tempat yang beriklim hangat dan lembab. 

6. Brookesia Micra

Brookesia Micra pertama kali ditemukan di Madagaskar pada tahun 2003 yang ditemukan oleh para ilmuan. Saat dewasa hewan ini memiliki ukuran sekitar 16 mm. Keunikan dari hewan ini adalah hewan ini memiliki kemampuan seperti kadal yaitu kemampun untuk berkamuflase yaitu mengubah warna sesuai lingkungannya. Hal tersebutlah yang membuat hewan ini sulit untuk ditemukan.

7. Kelinci Kerdil

Nah diurutan terakhir kali ini masih termasuk hewan kerdil tetapi bukan tikus melainkan adalah kelinci. Ukuran kelinci kerdil ini bisa mencapai 23 - 29,5 cm dan bobot sekitar 16 ons. Habitat asli hewan ini adalah berada di Amerika Utara dan tinggal daerah dataran tinggi yang banyak terdapat semak semaknya.

Kelinci kerdil ini benar benar sangat imut dan lucu karena bentuknya yang kecil, tidak hanya itu ia juga memiliki keunikan yang mampu membuat warna bulunya berubahsesuai dengan musim yang terjadi di daerah tempat tinggalnya. Ketika musim dingin tiba bulunya berwarna abu abu dengan campuran merah muda dan ketika musim panas bulunya berwarna kecoklatan. Namun sayangnya hewan ini termasuk hewan yang terancam punah dan dilindungi oleh pemerintah dunia.

Hewan-hewan terkecil di dunia diatas benar benar sangat imut dan unik bukan. Salah satu dari mereka pasti kamu ingin memegangnya bahkan ingin memilikinya, tapi jangan pasalnya mereka adalah hewan yang dilindungi dan bahkan ada juga diantara mereka yang hampir punah. Jadi kita tetap harus saling menjaga alam dan melindungi mereka ya teman teman

Berikut itu adalah hewan hewan terkecil di dunia, semoga info yang kami berikan bermanfaat. 



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel