10 Hewan Paling Langka di Dunia 2021, Salah Satunya Dari Indonesia

Hewan merupakan salah satu makhluk hidup yang ada di bumi dengan berbagai jenis, bentuk dan wujud yang berbeda beda. Ada begitu banyak spesies bahkan jutan, Namun ada juga hewan hewan berikut yang ekosistemnya tinggal sedikit dan yang membuat populasinya habis adalah para pemburu liar. Pemburu liar tidak hanya terjadi di Indonesia, bahkan di belahan dunia. 

Nah dalam pemberitahuan kali ini kita akan membahas tentang hewan langka yang ada dipenjuru dunia.

10 Hewan Paling Langka di Dunia Tahun 2019

Berikut adalah ulasan 10 hewan langka di dunia tahun 2019 :

1. Trenggiling

Dibuktikan dari International Union for Conservation of Nature (IUCN), trenggiling merupakan hewan yang paling banyak dicara para pemburu karena harganya yang sangat mahal dan juga hewa yang paling banyak diperdagangkan di dunia. 

Trenggiling merupakan hewan mamalia yang makananya adalah semut dan rayap. Disaat mereka terancam maka mereka akan meringkuk menyerupai bola. Namun hewan ini merupakan banyak diperdagangkan untuk pengobatan tradisional Tiongkok.

2. Penyu sisik 

Penyu sisik atau Eretmochelys Imbricata hewan yang paling dicari tempurungnya. Dari banyak penyu di laut, penyu sisik merupakan penyu yang termasuk terancam punah akibat perburuan dan perdagangan liar. Penyu sisik memiliki ciri paruhnya yang panjang dan runcing dengan tempurung indah berwarna cokelat dan kuning. Penyu sisik diambil tempurungnya untuk dijadikan hiasan atau ornamen.

3. Badak Afrika

Badak Afrika atau Diceros Bicornis Longipes merupakan termasuk hewan langka yang juga dicari para pemburu liar. Perburuan badak diperkirakan sekitar 13 ekor per tahun di Afrika Selatan. Dan yang paling parah yaitu terjadi pada tahum 2017 perburuannya mencapai 1.028 ekor dan dinyatakan meningkat sebanyak 9 ribu persen.

Badak Afrika diburu untuk diambil tanduknya. Dan dagingnya pun dianggap ampuh untuk mengobati berbagai penyakit, mulai dari mabuk hingga kanker.

4. Kambing Hutan Sumatera

Nah di nomor 4 kali ini ada Kambing Hutan Sumatera, walaupun Hewan ini tinggal di gunung curam dan daerah perbukitan tidak menjaminmereka tak diincar oleh para pemburu liar. Bahkan mereka sangat diburu dalam jumlah yang sangat banyak.

Namun belum banyak orang yang mengetahui hewan ini jadi pemerintah tidak terlalu memikirkan tentang populasi hewan ini. Kambing Hutan Sumatera diburu untuk diambil dagingnya sebagai obat obatan.

5. Rangkong Gading

Rangkong Gading merupakan hewan yag berasal dari Asia Tenggara. Burung yag satu ini diberi nama gading karena ia memiliki paruh besar layaknya sebuah gading. Nah itulah yang menjadi ciri kas dan yang diincar para pemburunya untuk diambil paruhnya dijadikan perhiasan. Dan menurut kabar perdagangan burung ini terus berkembang dalam kurun waktu tiga tahun.

6. Jalak Bali

Burung Jalak Bali (Leucopsar Rothschildi) adalah satwa endemis Indonesia yang berasal dari Bali. Jalak Bali pertama kali ditemukan pada tahun 1910 yang ditemukan oleh pakar binatang dari Inggris yaitu Walter rothchild. Jalak Bali memiliki karakteristik yang sangat cantik dan bulunya yang putih bersih dan warna biru di sekitar matanya.

Dinyatakan di alam burung ini mengalami penurunan populasi yang sangat signifikat hingga pada tahun 1984 burung ini dinyatakan sebagai hewan yang terancam punah dan dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Penyebab langkahnya burung ini adalah akibat perburuan liar dan proses berkembang biak yang sangat lambat dikarenakan burung ini hanya dapat menghasilkan 3 telur dalam perkawinannya.

7. Dugong

Dugong atauatau ikan duyung merupakan mamalia laut yang hidup di samudera Pasifik dan Ikan ini juga dapat ditemui di perairan sebelah utara dari Australia. Hewan yang mirip dengan gajah ini mengalami penurunan populasi setiap tahunnya.

Dugong diburu untuk diambil daging dan minyaknya, selain itu penyebab punahnya Dugong adalah karena perubahan iklim yang sangat ekstrem sehingga sulitnya dugong untuk tetap bertahan hidup di habitat aslinya.

8. Panda

Panda merupakan hewan gemuk yang sangat imut. Panda ini termasuk hewan langka yang merupakan hewan endemis negara Tiongkok. Panda banyak tersebar di Tiongkok seperti Sichuan dan Tibet. Hewan ini termasuk hewan omnivora dan makanan favoritnya adalah bambu dan jika di habitat aslinya dia juga mengonsumsi serangga untuk memenuhi protein yang dibutuhkan oleh tubuhnya.

9. Burung Merak

Burung Merak merupakan hewan langka dengan jenis Genus Pavo, Afropavo yang masih termasuk familia ayam hutan. Burung Merak memiliki ciri khas yang cantik, warna yang cerah dan ekornya yang memiliki ukuran besar dan dapat dikembangkan sehingga terlihat sangat indah, hal tersebut dilakukan burung merak untuk menarik perhatian para pasangannya saat musim perkawinan tiba.

Burung Merak ini merupakan hewan langka yang  berasal dari Indonesia. Namun sayagnya burung merak ini sangat banyak diburu oleh pemburu liar untuk dijadikan hewan peliharaan ataupun untuk diambil bulunya dijadikan perhiasan.

10. Landak Hedgehok

Memang benar sih semua landak hampir punah dan dilindungi tetapi landak satu ini sangat berbeda dari landak yang aainnya. Landak Hedgehog memiliki bentuk fisik yang cenderung  lebih kecil. Landak yang satu ini memang terihat sangatlah imut sehingga membuatnya banyak diburu untuk dijadikan hewan peliharaan. Hewan endemis yang berasal dari Inggris ini setiap tahunnya mengalami penurunan populas.

Berikut ini adalah 10 hewan paling langka di dunia di tahun 2019 menurut afynandaya ya kita juga harus melindungi dan menjaga hewan tersebut ya bukan malah memburu dan menangkapnya. Semoga info yang kami berikan bermanfaat bagi Anda semua



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel