5 Terbaik di Medan 2021 (Negri & Swasta)

5 SMA Terbaik Di Medan Tahun 2019

5 SMA Terbaik Di Medan Tahun 2019

Sekolah merupakan tempat belajar dan tempat unutuk mendidik para generasi muda penerus bangsa. maka dari itu kita perlu mencari  sekolah-sekolah mana yang terbaik terutama di daerah Medan. Kali ini kita akan membahas 5 SMA terbaik dan terpopuler di Medan. Mari kita bahas SMA terbaik dan terpopuler mana sajakah yang ada di Medan.

Berikut adalah daftar SMA Negeri dan Swasta terbaik dan terpopuler di Medan, sumatera utara 2019 - 2020:

1)  SMA Negeri 1

Gambar SMA Negeri 1 Medan

SMA Negeri 1 Medan atau yang biasa disebut SMANSA terletak di Jl. Teuku Cik Ditiro No. 1 Medan. Sekolah ini didirikan pada tahun 1950 dan sekolah ini bersebelahan dengan kantor Dinas Pendidikan. SMANSA merupakan salah satu SMA yang terbaik yang ada di Medan. Dari sekolah juga banyak telah melahirkan para alumni yang menjadi pejabat lembaga tinggi negara, menteri, anggota DPD, anggota DPR/ DPRD, gubernur, walikota, bupati sampai ke pengusaha, politisi, pendidik, dewan, artis dan lain–lain. Selain sering masuk berbagai pengikat unggulan di bidang akademik, SMA terbaik di Kota Medan ini juga menghasilkan siswa–siswi kreatif yang berbakat di bidang kesenian maupun bidang lainnya. Menurut teman-teman alumni di sini, mereka sangat kompak dan akrab, tanpa membedakan suku, agama dan latar belakang.

2)  SMA Negeri 5

Gambar SMA Negeri 5 Medan

Sekolah SMAN 5 didirikan pada tahun 1960. Sekola SMAN 5 terletak di Jl. Pelajar No. 17 yang berada tepatbelakang Stadion Teladan Medan. Dahulu merupakan pengembangan dari SMAN 3 yang ada di Jl. Seram. Dan awalnya merupakan sekolah sore. Tahun 1960, berpisah dari SMAN 3 dan berubah menjadi SMAN 5 sejak saat itu. Setiap tahunnya ada seribuan calon siswa yang mendaftar ke SMAN 5 ini. Namun masuknya tidak mudah karena mereka harus mengikuti ujian seleksi untuk bersaing dengan rekan-rekan mereka lainnya. Sekolah negeri masih menjadi incaran para orang tua dan siswa yang berpandangan bahwa sekolah negeri lebih baik dari sekolah swasta dan ada juga yang karena keterbatasan ekonomi.

3)  SMA Sutomo 1

Gambar SMA Sutomo 1 Medan

Sekolah ini didirikan pada tahun 1926. Namun sebelum dinamai sekolah Sutomo 1 Sekolah ini awalnya bernama sekolah Sutung. Hingga pada tahun 1958 dirubah menjadi sekolah Sutomo yang  dibentuknya Yayasan Sutomo yakni Soh Lean Toii, Oei Moh Tuan dan Hadi Kesuma (Khoo Peng Huat). Sekolah SMA Sutomo ini berada di Jl. Martinus Lubis No. 7. SMA Sutomo ini sangat terkenal dengan aktivitas olahraganya, terutama bola basket. Sekolah ini telah banyak melahirkan atlit basket untuk club–club basket tingkat propinsi maupun nasional. Kegitan olimpiade Sains tingkat nasional dan internasional juga menjadi bagian kehebatan siswa sekolah Sutomo 1 yang telah mengharumkan nama Indonesia di Kancah Olimpiade Sains tingkat nasional.


Baca Juga : 
4)  SMA Katolik St. Thomas 1

Gambar SMA Katolik St. Thomas 1 Medan

Sekolah SMA Katolik St. Thomas 1 didirikan pada tahun 1955 oleh Vikarat Agustolik Medan (Keuskupan Agung Medan) dan pada tahun 1982 pengelolaan sekolah diserahkan kepada Yayasan Perguruan Katolik Don Bosco ­­­­­­­­Keuskupan Agung Medan. SMA Katolik St.Thomas 1 ini terletak di Jl. Let. Jend S. Parman No. 109 Medan.. sekolah ini merupakan sekolah  Katolik yang paling berkualita pendidikannya di Medan. Umumnya sekolah Katolik dipimpin oleh para rohaniwan intelektual, seperti Pastur, Frater, Suster ataupun Romo.

SMA Katolik St. Thomas 1 ini juga termasuk kategori sekola terbaik, karena SMA St. Thomas 1 dapat mempertahankan rata–rata indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) di jajaran atas selama enam tahun berturut–turut. Berbagai fasilitas pendukung pendidikan sekolah terus ditambah, seperti yang terakhir pembangunan gedung sekolah yang baru yang cukup besar dan gagah. Ada puluhan kegiatan ekstra kulikuler dapat diikuti oleh para siswanya. Sekolah ini juga dapat dengan pusat kuliner kota Medan.

5)  Sekolah Methodist 2 (PKMI-2)

Gambar Sekolah Methodist 2 (PKMI-2) Medan

Methodist 2 (PKMI2) didirikan pada tahun 1949. Awalnya bertempat di Gereja Methodist Indonesia (GMI) Gloria yang ada di Jl. M.T. Haryono No. 38. Awalnya sekolah ini bernama Methodist China School dan mengalami perubahan dari nama The Methodist Girls’s – Methodist China School.
Pada tahun 1957, sekolah ini berpindah ke Jl. Thamrin, simpang Jl. M.T. Haryono. Dari tahun ke tahun PKMI 2 berkembang pesat menjadi salah satu sekolah terfavorit dan terbaik di kelasnya dan letaknya juga berada di pusat kota.

Setiap tahun sekolah Methodist 2 secara rutin mengadakan pameran pendidikan contoh Methodist Education Expo yang diikuti  puluhan Perguruan Tinggi di tanah air. Sekalian juga diselenggarakan lomba sains, seperti olimpiade Matematika, Bahasa Inggris, dan lain-lain yang diikuti oleh siswa-siswa sekolah dari seluruh wilayah Sumatera Utara. Peserta didik PKMI juga mampu meraih prestasi utuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama di Indonesia. Paduan Suara (Chamber Choir)-nya juga sudah berkunjung ke beberapa negara. Selain di dalam negeri, alumni PKMI2 juga banyak diterima di berbagai perguruan tinggi ternama di luar negeri. Berbagai kegiatan ekstra kulikuler ada disekolah ini.

Berikut adalah 5 SMA terbaik di Medan, Manakah yang menjadi favorite Anda?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel