12 Cara Belajar Programming Bagi Pemula

12 Cara Belajar Programming Bagi Pemula

Ada banyak cara bagus untuk belajar kode. Situs web seperti CodeAcademy memungkinkan Anda bekerja melalui latihan di browser untuk mempelajari bahasa. Ini adalah cara yang bagus untuk mempelajari sintaks dan struktur bahasa tanpa harus menginstal lingkungan pengembangan.



Cara Cara Belajar Programming


Tidak semua orang belajar dengan cara ini dan banyak orang percaya pekerjaan berbasis proyek lebih baik untuk pembelajaran jangka panjang. Saluran YouTube ini memungkinkan Anda ikut serta dalam proyek penuh, memungkinkan Anda mempelajari keterampilan praktis sambil mencapai sesuatu!

Berikut adalah 12 cara belajar programming bagi pemula: 

1. Pelajari Pengembangan Game C ++

C++ adalah bahasa program yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi sebuah objek, Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object fisik, di mana Class tersebut berisi tentang keadaan object, seluruh anggota dan juga kemampuan dari object tersebut, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class

2.  Mempelajari Istilah-Istilah dalam Pemrograman

Contohnya seperti :
  • JavaScript
Merupakan sebuah bahasa pemrograman yang bisa dijalankan di berbagai web browser. JavaScript biasanya digunakan untuk mempermudah dalam membuat halaman di website menjadi lebih efisien dan lebih cepat di dalam browser.
  • jQuery


adalah sebuah penyimpanan JavaScript dari yang terkecil dan yang tercepat yang mampu mempercepat laju jalannya tugas-tugas tertentu, membuat lebih sederhana dan lebih interaktif dengan menciptakan metode-metode yang bisa digunakan oleh programer.
  • Ruby


adalah sebuah bahasa pemrograman elegan yang dibuat agar mudah digunakan oleh para programer. Rubylah yang mengikuti pola dari software yang menyiapkan poin-poin referensi yang baik agar Anda dapat mempelajari bahasa pemrograman yang lainnya seperti Java dan juga JavaScript.
  • Ruby on Rails
adalah sebuah framework aplikasi dari sebuah web yang sangat populer yang memberikan perpanduan kepada para programer untuk menggunakan konvensi.
  • Structured Query Language (SQL)


Suatu bahasa pemrograman yang digunakan untuk berinteraksi dengan semua database relasional. Database ini berada di bawah naungan semua aplikasi online.

Dan masih banyak lagi istilah istilah lainnya.

3. Codecourse

Codecourse menawarkan berbagai kursus pemrograman dari pemula sampai ahli. Terlepas dari ini, ia juga membantu menyediakan video mengenai konsep pemrograman seperti array. Kursus di channel ini termasuk pembuatan game breakout JavaScript, Lavarel, Real-time chat, PHP, kiat menulis cleaner code, membuat cart menggunakan PHP, dan berbagai konsep lainnya.

4. thenewbosto

Thenewboston merupakan channel yang membantu para pemula untuk mendapatkan akses sebuah pengetahuan tentang pemrograman secara free. Channel ini memiliki berbagai kursus yang berkaitan dengan berbagai genre pemrograman. Dimana yang lainnya Angular 2, Flask, ReactJS, CSS yang dipergunakan bagi orang-orang yang tertarik dalam pengembangan sebuah web. Untuk penggemar pemrograman baris perintah, ada tutorial Linux, pengembangan GUI menggunakan Python, Windows Command Line, dll. Channel tersebut juga berisi tentang video yang memberikan pengetahuan berbagai bahasa pemrograman seperti C, R, C ++, HTML, Ruby, Java, dll .

5. LevelUp Tuts

Setelah kecelakaan, Scott menderita gegar otak dan tidak dapat aktif. Lalu, Ben mencoba menurunkan konsentrasi kontennya dengan membuat proyek khusus Web Development. Enam tahun kemudian, channel ini terus membuat video yang didedikasikan untuk pengembangan web. Ada berbagai platform tempat channel ini membuat video seperti Drupal, WordPress, HTML5, CSS, Bereaksi, dll.

6. LearnCode.academy

LearnCode.academy merupakan sebuah channel yang dipergunakan untuk membuat konten seputar pengembangan sebuah web. Channel ini menyediakan video tentang topik seperti HTML, CSS, JavaScript, CSS, Tata Letak, Desain Responsif, Developer, dll. Namun, video yang dibuat oleh mereka tidak terbatas hanya untuk platform ini. Mereka juga menyediakan tutorial Vue.js, AngularJS, Node.js, Docker, jQuery dll. 

7. Google Developers

Channel Google Developers menawarkan pelajaran, diskusi, berita & praktik terbaik yang up-to-date. Konten tersebut berisi pembelajaran tentang Android, Chrome, Web Development, dan masih banyak lagi.

8. Derek Banas

Derek Banas menjelaskan seluruh konsep bahasa pemrograman tertentu dalam satu video saja. Channel luar biasa ini terdiri dari video tutorial tentang bahasa pemrograman. Jika kamu tidak punya banyak waktu atau mempersiapkan ujian, kamu bisa mengikuti channelnya.

Dari semua channel yang disebutkan dalam artikel ini, Pluralsight mungkin satu-satunya yang menawarkan kursus sertifikasi. Jika pengguna merasa terkesan dengan kursus dasar di YouTube, dia dapat mendaftar untuk kursus lengkap di situs web mereka. Mereka juga memiliki pelatihan tak terbatas dengan biaya $ 29 per bulan. Ada berbagai topik di mana pengguna dapat mendaftar ke seperti JS Sudut, C #, ASP.NET MVC, jaringan CISCO, penyimpanan cloud, Windows Server dll.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel